Tips Stage Photography Bagi Kamu Pengguna DSLR/ Mirrorless



A. Persiapan

Sebagai persiapan awal memotret adalah susunan acara. Dangan mengetauhi susunan acara kita bisa lebih santai sedikit juga bisa hemat waktu kapan kita harus mendekati panggung dan kapan kita bisa leluasa menjauh.

Persaiapan kedua adalah bawa peralatan fotografi yang seperlunya saja. Dengan bawaan sedikit, kita bisa bebas dari beban berat dan bebas bergerak sehingga tidak mudah cape. Selain susunan acara, cari tahu juga tentang tema, kondisi panggung, denah panggung, dan kalau bisa mengikuti gradi bersih.

B. Pengaturan Pada Kamera

Saat memotret kita bisa menggunakan mode manual (M) juga bisa aperture priority (A). Mode manual sebaiknya digunakan ketika cahaya yang sangat rumit. Untuk lebih mudahnya disarankan menggunakan mode A agar setiap perubahan cahaya bisa diukur secara otomatis oleh kamera.

Metode matering saat menggunakan mode M sebaiknya spot, sedangkan pada mode A sebaiknya matrix. Pencahayaan panggung cepat sekali berubah, jangan harap semua foto selalu dapat materingnya.


1. Gunakan Auto White Balance



Untuk lebih efisiennya lebih disarankan menggunakan setting white balance auto karena cahaya warna warni pada acara panggung biasanya sering berganti-ganti.

Jika kamu cukup sabar dan memiliki banyak waktu, kau bisa menggunakan WB Daylight atau lainnya untuk mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Hasil terbaik akan didapatkan dengan menggunakan format RAW dan mengatur warna di komputer sesuai kebutuhan.

2. Pengaturan ISO


Biasanya acara panggung yang menarik untuk difoto diadakan pada malam hari dan pencahayaan yang minim. Gunakan settingan ISO pada kamera untuk mendapatkan kecepatan rana yang cepat.


3. Gunakan Bukaan Lensa (Aperture) Yang Lebar


Jika menggunakan lensa bukaan lebar kita bisa meminimalkan ISO serendah mungkin agar dapat terhindar dari noise yang tidak diinginkan. Dengan kombinasi lensa cepat dan ISO tinggi, kita bisa menangkap momen-momen bagus dengan kualitas yang tajam.

4. Cobalah Dengan Exposure Compensation


Cahaya panggung yang tidak merata membuat matering kamera susah mendapat exposure yang tepat. Gunakan tombol kompensasi (+/-) pada kamera. Kompensasi minus dilakukan jika latar belakang panggungnya lebih gelap daripada latar depan, dan begitu juga sebaliknya.

5. Komposisi Adalah Hal Yang Jangan Sampai Dilupakan


Rule of third sangat penting saat mengatur komposisi foto panggung. Yang paling penting adalah kamu berada di posisi terbaik. Jangan datang terlambat kalau ingin mendapatkan foto yang terbaik.




Referensi: @keelesson (Instagram)





Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel