Sebagai Fotografer Kamu Harus Ketauhi Sumber dan Arah Cahaya Ini


1. Available Light

Cahaya yang telah tersedia secara alami di lingkungan sekitar. Kamu sebagai fotografer tidak bisa mengatur besar-kecil serta arah penyinaran cahaya tersebut. Seperti sinar matahari, lampu kota, lampu ruangan, lampu panggung, istilah ini sering disebut juga Ambient Light.

2. Artificial Light


Yaitu cahaya yang sengaja kamu buat ketika kamu sedang membuat sebuah gambar foto. Sebagai fotografer kamu bisa mengatur besar sampai kecil serta mengubah arah penyinaran dari cahaya tersebut. Seperti lampu studio, flash/ lampu kilat, dan senter.

3. Mix Light


Sebagai fotografer, terkadang kita perlu untuk menggabungkan dua jenis sumber cahaya tersebut ke dalam sebuah foto. Kita bisa menggabungkan beberapa available light misalnya dari sinar matahari dengan lampu ruangan, dan menggabungkan beberapa bagian artificial light misalnya lampu studio dengan flash dan available light.

A. Untuk Sumber Cahaya Dari Matahari Kamu Harus Mengetauhi Arah-Arah Ini


Untuk kualitas cahaya matahari tergantung dari posisi matahari. Hal terpenting dalam melihat kualitas cahaya adalah keseimbangan antara highlight dan shadow, karena hal ini terjadi berdasarkan dari arah cahaya itu sendiri.

1. Front Light 



Yaitu posisi cahaya berada di depan objek, sehingga pada bagian depan objek akan mendapat cahaya penuh.

2. Oval Light 



Yaitu posisi cahaya berada pada 3/4 objek, sehingga akan terdapat sedikit bayangan pada bagian belakang objek.

3. Side Light 

Image From: pinterest/rexrjones

Yaitu posisi cahaya berada pada sisi samping dari objek, sehingga bayangan dan terang objek akan terbagi menjadi dua, bagian terang dan bayangan akan berada pada posisi berlawanan.

4. Rim Light 



Yaitu posisi cahaya berada bagian belakang dengan posisi sudut 1/4 objek, sehingga pada bagian depan objek akan gelap dan timbul garis cahaya pada tepian objek.

5. Back light 



Yaitu posisi cahaya berada tepat pada bagian belakang objek sehingga sisi depan objek menjadi gelap dan tercipta garis-garis cahaya pada bagian belakang objek secara tegas.




Referensi: @keelesson (Instagram)




Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel