Mengenal Ray Of Light Dalam Photography

ray of light photography

Dalam dunia photography, Ray Of Light atau bisa disingkat sebagai RoL, merupakan salah satu subjek yang bisa kamu masukkan dalam foto kamu, untuk memberikan efek-efek yang terasa damai dan terkesan magical seperti yang biasa kamu lihat pada film-film fantasi.

Efek Ray Of Light sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa didapatkan, kamu hanya perlu menentukan dimana tempat yang tepat untuk bisa menemukan berkas cahaya ini sebagai subjek foto kamu. Lalu, dimana kamu bisa menemukan efek Ray Of Light ini?

1. Diantara Dedaunan Pohon


ray of light di pepohonan

Berkas cahaya yang jatuh ke bumi, biasanya akan nampak terlihat jelas bila ada sesuatu yang menghalangi sinarnya, seperti pada dedaunan yang ada pada pohon. Memotret efek Ray Of Light di bawah pepohonan akan membuat hasil foto kamu semakin berkesan lebih damai, namun juga terasa begitu hangat.

2. Di Dataran Tinggi

ray of light di pegunungan

Tidak hanya di bawah pohon saja, di dataran tinggi pun dimana kamu bisa merasa dekat dengan matahari, biasanya juga dapat menjadi salah satu tempat hunting efek Ray Of Light yang indah.


Namun, tentu saja, tidak semua keadaan di dataran tinggi bisa kamu temukan cahaya seperti Ray of Light ini. Salah satu kondisi paling umum untuk kamu bisa mendapatkan efek tersebut adalah di pagi hari, dimana matahari baru muncul. Biasanya kamu bisa melihat kabut-kabut tipis yang melayang si sekitar pegunungan, dimana kabut tersebut akan menghalangi cahaya yang datang dari matahari pagi, sehingga cahaya dapat terlihat oleh kamu hanya berupa berkas-berkas cahaya indah yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hasil foto kamu semakin menarik.

3. Saat Sunrise

ray of light sunrise

Kamu juga bisa menemukan efek Ray of Light ini di tempat yang rendah seperti di pantai, dimana kamu bisa melihat sunrise atau sunset sebagai sumber cahaya untuk mendapatkan efek tersebut.

Pastikan saja, pada saat matahari sedang terbit, keadaan di langit tengah sedikit berawan, agar cahaya yang datang dapat dibiaskan dan menghasilkan efek Ray of Light tersebut.

4. Cari Latar foto Yang Gelap

ray of light

Dengan mencari latar foto yang gelap, kamu pun bisa mendapatkan efek foto Ray of Light untuk mempercantik hasil foto kamu sendiri. Ruangan yang gelap akan memberikan perbedaan warna kontras dengan cahaya sehingga akan memperjelas berkas cahaya yang masuk.

5. Menggunakan Photoshop


Di zaman teknologi saat ini, yang sudah cukup canggih untuk membuat efek Ray of Light milik kamu sendiri dengan Photoshop, meskipun efek yang akan dihasilkan tidak senatural dengan yang asli.



Referensi: @keelesson (Instagram)





Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel