Komposisi Ini Harus Kamu Ketauhi Jika Terjun Di Dunia Photography



1. Paling Basic Yaitu Rule Of Thirds



Kamu hanya membagi bidang foto menjadi 9 kotak yang sama besar dan meletakkan POI (point of interest) pada titik atau garis pada bidang yang terbagi menjadi 3 x 3 tersebut.

2. Golden Ratio


Komposisi ini adalah susunan foto dimana point of interest alias subjek utama diletakkan pada titik persimpangan dua garis horizontal yang memiliki perbandingan 1:1,6  atau 38/62.

Pada komposisi ini memang jauh lebih rumit dan penuh dengan pertimbangan, hal ini dapat disiasati dengan membayangkan bentuk garis spiral mirip dengan rumah siput, dimana bagian yang menyempit dan mengecil adalah tempat Point Of Interest.

3. Komposisi Simetris Dan Repetition


Komposisi foto ini meletakkan objek dan membagi bidang foto sama rata kanan dan kiri sehingga terlihat simetris.

4. Repetition


Pohon-pohon dengan pola berulang membuat foto jadi terlihat sangat menarik.

5. Perspektif


Perspektif adalah cara pandang suatu objek. Pergeseran posisi fotografer sedikit saja memberi perspekif yang berbeda.

Tujuan dalam memberikan perspektif fotografi yaitu untuk memberikan dimensi ruang foto yang berbeda. Perubahan perspektif juga ditentukan jarak dan sudut pengambilan. Misalnya ketika kamu memotret landscape, perhitungan pergeseran jaraknya lebih dari hitungan meter. Foto landscape diperlukan pergeseran posisi jarak yang lebih jauh untuk mendapatkan sudut pengambilan yang berbeda.

6. Framing


Framing merupakan teknik bagaimana mengarahkan perhatian seseorang kepada subjek foto dengan membatasi elemen-elemen foto yang lain menggunakan sesuatu yang mngelilingi elemen focal point.

7. Leading Lines


Yaitu sebuah garis atau jalur yang mengarah pada sesuatu. Dalam teknik komposisi fotografi. Leading Lines adalah teknik komposisi yang menggunakan sebuah alur (garis) yang digunakan untuk mengarahkan mata yang melihat gambar ke arah bagian spesifik dalam frame (seperti subjek foto).

8. Negative Space


Negative space adalah area di sekitar dan diantara subjek delam suatu gamber. Sedangkan subjek utama disebut dengan positive space. Gunakanlah negative space untuk memperkuat bentuk dan ukuran dengan lebih efektif serta menghasilkan gambar dengan komposisi yang baik.

Negative space merujuk pada ruang kosong/white space, yakni konsep yang telah lama digunakan dalam dunia seni, desain, arsitektur, dan seni sejak dahulu kala dan sangat berguna dalam dunia fotografi dan dapat mengubah foto sederhana menjadi foto penuh makna.

9. Change Your Point


Idealnya, sebuah foto biasanya diambil pada eye level atau sebagaimana mata memandang.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih kreatif, kamu bisa mengubah sudut memotret kamu dari ketinggian atau high angle dan juga sebaliknya, menurunkan kamera kamu serendah-rendahnya atau low angle
10. Refleksi



Refleksi pada foto bisa jadi sebagai elemen utama (point of interest) atau dapat dieksplorasi hanya sebagai pelengkap saja.

Jika refleksi foto ingin dijadikan elemen utama, harus bisa memberikan sebuah foto yang bercerita meski hanya sebuah refleksi saja. refleksi biasanya sangat akrab dengan fotografer yang suka akan keindahan abstrak atau minimalism dengan komposisi refleksi sebagai POI utama.

11. Motion Blur


Motion blur adalah elemen komposisi yang menunjukkan adanya pergerakan objek baik backround atau foreground, bahkan bisa keduanya.

Beberapa fotografer ada yang berusaha menghindar terjadinya motion blur, namun banyak juga yang ingin mendapatkan foto dengan efek motion blur. Dengan teknk ini, foto seolah-olah berbicara bahwa objek yang sedang kamu lihat sedang bergerak saat difoto, kesan adanya pergerakan dalam foto bisa disebabkan oleh objek yang bergerak atau malah kamu yang menggerakkan kamera.

12. Fill The Frame


Sesuai namanya, untuk menghasilkan teknik komposisi ini, penuhi frame foto kamu dengan objek. Mendekatlah menuju objek dan ambil dari sudut tertentu untuk mendapatkan foto yang kreatif dan menarik.




Referensi: @keelesson (Instagram)

Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel