Fungsi Filter CPL Dan Cara Memakainya

sebelum dan sesudah memakai filter cpl

Filter Circular Polalizer atau yang biasa lebih populer dengan sebutan CPL, merupakan salah satu jenis filter yang berguna untuk meningkatkan kontras warna dalam sebuah foto pemandangan atau landscape.

Meskipun filter ini bisa membuat hasil foto menjadi lebih bagus, namun fotografer pemula yang belum mengetauhi fungsi dan cara memakai filter ini sering kali menghasilkan foto yang terlihat tidak memiliki perbedaan sama sekali meski telah memakai filter tersebut. Kunci sukses untuk bisa menghasilkan foto yang bagus dengan filter CPL adalah kamu harus mengetauhi kapan saat yang tepat untuk memakai fiter ini atau tidak.

fungsi filter cpl

Berikut ini adalah fungsi filter CPL:

1. Untuk Membuat Warna Lebih Saturated Dan Kontras

fungsi filter cpl

Dengan filter ini kamu bisa mengatur proses saturasi saat proses editing agar pantulan cahaya tidak menggangu hasil akhir pemotretan. Selain itu, refleksi bayangan dari objek yang diambil juga bisa dihilangkan sehingga foto yang dihasilkan tampak lebih detail dan jelas. Hasil dari memakai filter CPL bisa dilihat dalam foto langit berwarna yang dibuat lebih dramatis maupun foto dedaunan yang terlihat lebih hijau.

2. Menghilangkan Sebagian Atau Seluruh Pantulan Dari Benda Non-metalik, Seperti Air Dan Kaca

filter cpl untuk danau

Filter CPL biasanya digunakan untuk memotret danau dengan air yang sangat jernih namun ingin meperlihatkan sedikit bagian dasarnya. Foto seperti ini akan sulit dihasilkan karena permukaan danau biasanya akan menampilakan bayangan langit. Filter ini yang akan membantu menghilangkan atau mengurangi pantulan bayangan langit tersebut.

filter cpl untuk foto lautan

Cara Memakai Filter CPL:

1. Pasangkan filter ini di bagian depan lensa dan memutarnya secara perlahan, setelah dipasang efeknya akan langsung terlihat pada viewfinder atau lcd. Jadi, tentukan setting yang paling maksimal kemudian baru tekan tombol shutter kamera.

2. Karena pemakaian filter ini adalah dengan memutarnya didepan lensa, maka untuk jenis lensa yang ekonomis, kamu bisa menyiasati dengan melakukan autofokus terlebih dahulu sebelum memutar filter tersebut. Pasalnya, lensa depan dari lensa ekonomis akan ikut berputar ketika autofokus sedang dijalankan.

3. Menggunakannya ketika matahari sedang bersinar di sebelah kanan atau kiri sebab efek optimalnya bisa dihasilkan pada sudut 90 derajat dari arah matahari. Sedangkan, untuk menghilangkan hasil refleksi yang maksimal bisa dilakukan pada sudut 45 derajat dari permukaan.

Ingin Membeli filter CPL? Bisa dilihat disini Tokopedia


Baca Juga:

Referensi: @keelesson (Instagram)






Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel