8 Jenis-Jenis Filter Pada Lensa

1. Filter UV/ Ultra Violet atau Netral


67mm uv filter


Fungsi dari filter UV adalah untuk meilindungi lensa kamera, selain untuk melindungi dari pertikel juga dapat melindungi dari benturan/bemper. Filter UV jadi salah satu aksesories standar yang biasanya dibeli setelah membeli kamera. 

2. Filter CPL/ Circular Polarizing

filter cpl

Filter CPL ini berguna untuk mengurangi pentulan cahaya misalnya di atas air dan kaca. Bagi fotografer yang menyukai fotografi jenis landscape, filter CPL lebih berfungsi untuk meningkatkan saturasi dan kontras warna.

3. Filter ND/ Neutral Density

nd filter

Filter ND yang berwarna ke abu-abuan ini sangat berguna untuk mengurangi intensitas cahaya. Filter ND ini bekerja seperti mata kita saat memakai kacamata hitam di bawah panas terik. Tersedia beberapa pilihan filter ND di pasaran tergantung seberapa banyak penurunan intensitas yang kita mau, seperti ND 2 (1 stop), ND 4 (2 stop), hingga ND 1.000.000 (20 stop). Jika hendak melakukan pemotretan slow speed pada siang hari, filter ND merupakan perlengkapan yang wajib.

4. Filter GND/ Gradual ND

gnd filter

Filter GND berfungsi seperti filter ND untuk mengurangi intensitas cahaya dengan tingakat penggelapan yang bersifat gradasi (bagian atas lebih gelap dan semakin kebawah semakin terang). Grad ND sangat berguna untuk memotret landscape yang melobatkan langit yang memiliki perbedaan cahaya yang cukup jauh. Tersedia filter GND dengan berbagai tingkat kepekaannnya.

5. Filter Close Up

close up filter

Filter close up berguna untuk mengurangi minimum distance fokus atau jarak minimum suatu lensa untuk mempu memfokuskan sebuah objek. Filter Close Up/ Makro ini berfungsi sebagai kaca pembesar. Namun demikian, penggunaan filter makro akan membawa efek, di antaranya Pencahayaannya turun 1-2 stop. Ketajaman berkurang serta DoF lebiih sempit.

6. Filter BW

bw filter

Filter BW ini cara kerjanya adalah memblok range warna tertentu menjadi lebih gelap dan membiarkan/ melewatkan range warna tertentu menjadi lebih terang. Anda suka foto hitam putih? layak anda coba filter BW ini.

7. Filter IR/ Infrared

filter infrared

Fungsi filter IR adalah menyaring cahaya dangan panjang gelombang infrared (IR), sehingga bisa menghasilkan hasil akhir sebuah foto dengan warna berbeda. Filter infrared ini bekerja dengan prinsip meloloskan cahaya inframerah namun menangkal sebagian besar spektrum cahaya tampak, sehingga bila dikombinasikan dengan sensor yang sudah dimodifikasi menjadi IR sensitive, biasa digunakan untuk fotografi infrared. Fotografi infrared sendiri mengandalkan kesalah warna ini menjadi sebuah seni tersendiri.

8. Filter Star

star filter

Berguna untuk membuat pancaran/ cahaya menjadi bintang dengan bentuk yang lebih panjang dan teratur. Filter star inipun tersedia dalam berbagai pilihan, mau efek bintang 4, atau 8, dsb tinggal pilih.




Referensi: @keelesson (Instagram)







Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel