10 Jenis-Jenis Teknik Photography

1. Potrait Photography

village portrait photography

Yang menjadi kekuatan utama dari jenis fotografi yang satu ini adalah karakterisik dan kepribadian yang unik dari setiap orang. Bukan semata menampilkan foto manusia saja, potrait photography yang baik juga harus mampu menangkap ekspresi, mimik, kepribadian, maupun suasana hati seseorang agar foto yang dihasilkan lebih berkesan. Untuk mendapatkan itu, maka wajah seseorang menjadi fokus utama agar kesan emosionalnya dapat dimunculkan.

2. Landscape Photography

landscape nature photography

Landscape photography memfokuskan objeknya pada pamandangan alam seperti pantai ataupun gunung. Supaya hasil landscape photography kamu terlihat bagus, kamu perlu mempertimbangkan momen yang tepat untuk memotret. Misalnya, saat matahari terbit atau terbenam saat cuacanya cerah.

3. Human Interest Photography

human interest photography village

Hampir sama dengan potrait photography, objek utama dari human interest photography adalah manusia. Namun, tentunya ada yang menjadi pembeda diantara keduanya.

Jika potrait photography fokus untuk menangkap ekspresi manusia yang menjadi objeknya, human interest photography lebih menonjolkan bagaimana sisi kehidupan dan interaksi menusia dengan lingkungan sekitar dalam kesehariannya dengan tujuan membangkitkan perasaan simpatik maupun empati dari penikmat foto tersebut.

4. Aerial Photography

aerial city photography

Jika kamu melihat gambar diatas pasti kamu melihat yang seolah-olah gambarnya tampak dari sisi atas, itulah yang disebut dengan aerial photography. Foto-foto yang dihasilkan jenis fotografi ini membuat kamu seolah memiliki mata seekor burung yang melihat segalanya dari ketinggian. Salah satu cirinya yaitu dari pengambilannya, yaitu dilakukan dari atas (high angle).

5. Stage Photography

stage photography

Seperti namanya, jenis fotografi ini menjadikan orang diatas panggung sebagai objeknya. Gerakannya yang sulit diprediksi ditambah dengan tata lampu yang berubah-ubah menjadi tantangannya. Dibutuhkan kecepatan dan ketepatan untuk mengambil momen yang tepat.

6. Wildlife Photography

wildlife photography

Untuk beberapa orang mengabadikan kehidupan di alam liar dan bertemu habitat aslinya merupakan hal yang sungguh menantang. Bisa bertemu secara langsung dengan aneka ragam hewan yang bebas berkeliaran. Jenis fotografi yang satu ini umumnya hanya dilakukan oleh para fotografer porfesional yang menjadi kontributor di sebuah media.

7. Macro Photography

macro bee photography

Kelebihan dari macro photography ialah membuat objek berukuran kecil untuk dapat tempak sangat dekat dengan menampilkan detail yang apik.

Untuk melakukan jenis fotografi ini. Anda memerlukan kamera dengan fitur zoom yang bagus agar bisa mendapatkan detail-detail objek yang kecil tersebut.

8. Aviation Photography

photography pesawat

Aviation Fotografi ialah fotografi yang menggunakan pesawat sebagai objek utamanya, fotografi jenis ini wajib menggunakan lensa ber focal length diatas 50mm atau tele, jenis fotografi ini paling banyak bertempat di area-area bandara.

9. Journalism Photography

photography jurnalis

Journalism photography biasa dilakukan oleh fotografer profesional yang menjadi kontributor dari sebuah media. Tujuan utama dari photojournalism ini adalah menyajikan foto yang memiliki cerita atau nilai berita. Kemudian, foto tersebut dapat digunakan untuk keperluan penayangan berita atau publikasi di media massa.

Prinsip utama fotografi ini yaitu menghasilkan foto yang merupakan kejadian sesungguhnya, tanpa hasil rekayasa dan memihak.

10. Fashion Photography

fashion photography

Keindahan dari desain pakaian seperti gaun ataupun aksesori fashion lainnya menjadi titik fokus utama dalam jenis fotografi ini. Peran seorang model peraga dalam fashion memang tidak dapat dipungkiri kehadirannya, sehingga terkadang fashion photography menjadi bias dengan portrait photography.

Portrait dan Fashion memang bisa hadir dalam waktu yang bersamaan, tapi untuk fashion photography akan menekankan fokusnya pada desain pakaian agar orang-orang bisa tertarik untuk membelinya.




Referensi: @keelesson (Instagram)







Subscribe:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel